Santan Kelapa

Santan adalah cairan yang diperoleh dengan melakukan pemerasan terhadap daging buah kelapa parutan. Santan merupakan bahan makanan yang dipergunakan untuk mengolah berbagai bahan masakan yang mengandung daging,ikan, ayam dan untuk pembuatan berbagai kue-kue, es krim, gula-gula, dan lain-lainnya. Terdapat beberapa Variasi cara untuk mengekstrak santan, tetapi pada umumnya dengan cara memeras bagian buah kelapa parutan. pada waktu daging buah kelapa diamati dibawah mikroskop, memperlihatkan bahwa struktur sel yang panjang dipenuhi oleh cairan dan globula-globula minyak di dalam cairan, jelasnya cairan dan globula minyak inilah yang diperas keluar sebagai santan. untuk memisahkan cairan dan minyak, dinding sel harus dirusak. hal ini dapat dicapai dengan memarut daging buah kelapa, dengan menggunakan parutan manual yang tajam dapat diperoleh hasil parutan berukuran 3-4 mm dengan ketebalan 1-2 mm, hasil parutan ditempatkan pada kain katun berbentuk segi empat, kemudian empat sudutnya ditarik bersama-sama menjadi satu sehingga daging buah kelapa parutan berbentuk seperti bola. Bola ini diperas dengan cara memutar kain pembungkusnya. Pemerasan ditahan sampai aliran santan berhenti. Dengan cara ini diperoleh santan sedikit lebih daripada 50% berat daging buah kelapa parutan mula-mula.
Ampas daging buah kelapa parutan masih dapat memberikan sejumlah santan lagi, dengan cara menumbuk ampas tersebut dengan mortar kayu, meremas hasil tumbukan setelah menambah air sesuai dengan proporsi yang dikehendaki (misalnya 2 bagian ampas : 1 bagian air atau 1 bagian ampas : 1 bagian air, menurut perbandingan berat per berat) selanjutnya diperas ulang; hasil yang diperoleh dapat dicampur dengan perasan pertama.

1 komentar:

  1. Apabila Anda mempunyai kesulitan dalam pemakaian / penggunaan chemical , atau yang berhubungan dengan chemical,oli industri, jangan sungkan untuk menghubungi, kami akan memberikan solusi Chemical yang tepat kepada Anda,mengenai masalah yang berhubungan dengan chemical.Harga
    Terjangkau
    Cost saving
    Solusi
    Penawaran spesial
    Hemat biaya Energi dan listrik
    Mengurangi mikroba & menghilangkan lumut


    Salam,
    (Tommy.k)
    WA:081310849918
    Email: Tommy.transcal@gmail.com
    Management
    OUR SERVICE
    1.
    Coagulan, nutrisi dan bakteri
    Flokulan
    Boiler Chemical Cleaning
    Cooling tower Chemical Cleaning
    Chiller Chemical Cleaning
    AHU, Condensor Chemical Cleaning
    Chemical Maintenance
    Waste Water Treatment Plant Industrial & Domestic (WTP/WWTP/STP)
    Garment wash
    Eco Loundry
    Paper Chemical
    Textile Chemical
    Degreaser & Floor Cleaner Plant

    2.
    Oli industri
    Oli Hydrolik (penggunaan untuk segala jenis Hydrolik)
    Rust remover
    Coal & feul oil additive
    Cleaning Chemical
    Lubricant
    3.
    Other Chemical
    RO Chemical
    Hand sanitizer
    Disinfectant
    Evaporator
    Oli Grease
    Karung
    Synthetic PAO.. GENLUBRIC VG 68 C-PAO
    Zinc oxide
    Thinner
    Macam 2 lem
    Alat-alat listrik
    Packaging
    Pallet
    CAT COLD GALVANIZE COMPOUND K 404 CG
    Almunium

    BalasHapus